Kamis, 02 Agustus 2018

Arwana.... ikan naga yang kadang menjadi simbol prestis bagi yang memeliharanya. Arwana di alam liar ditemukan di Amerika Selatan di sekitar Amazon juga di Asia Tenggara, dan Australia. Arwana yang berasal dari Asia ibarat jenis super red dan golden red dijual dengan harga sangat tinggi dan juga bersertifikat alasannya yakni merupakan binatang yang dilindungi UU. Di alamnya arwana merupakan karnivora pemakan binatang kecil ibarat ikan, serangga, cacing, katak, kadal dll.

 ikan naga yang kadang menjadi simbol prestis bagi yang memeliharanya Arwana Bagusnya diberi Makan ini
Arwana memakan kelabang

Ketika dipelihara dalam akuarium kuliner apa sajakah yang baik diberikan pada si naga ini? Berikut ini beberapa jenis pakan yang baik untuk arwana.

Ulat hongkong
Ulat hongkong sangat cocok diberikan untuk arwana yang berukuran kecil. Ulat ini sanggup dibeli dengan gampang di toko-toko penjual kuliner ternak. Namun sebaiknya dikala memberi makan menentukan ulat hongkong yang gres moulting (ganti kulit) alasannya yakni teksturnya yang lebih lunak.

Jangkrik
Ini yakni kuliner yang sangat umum dikalangan para pecinta arwana. Setelah arwana berukuran satu jempol tangan, sanggup mulai diberi makan jangkrik kecil dengan ukuran yang sesuai dengan mulutnya. Setelah besarpun arwana sanggup terus diberi makan jangkrik, namun pilihlah kangkrik yang belum mempunyai bulu di tubuhnya. Bulu jangkrik atau sayap jangkrik bertekstur keras yang sanggup menghambat pencernaan arwana yang belum terbiasa.

Katak kecil (bancet)
Katak kecil sanggup diberikan pada arwana, namun sayangnya tidak ada toko yang menjual katak ini. Makara untuk memperolehnya harus dengan mencari di sekitar sawah atau tempat-tempat berair lain. Ingat katak kecil ya.... bukan kodok kecil alasannya yakni kodok mengandung racun yang sanggup menciptakan gatal arwana, tahu perbedaan katak dan kotok kan ya?

Ikan kecil
Ikan kecil ibarat teri dan ikan mas sanggup diberikan kepada arwana. Namun kadang alasannya yakni gerakan ikan yang cepat menciptakan arwana nampak kesulitan untuk menangkapnya. Untuk mempermudahnya sanggup dengan membunuh ikan sebelum diberikan pada arwana kesayangan kita.

Cicak
Agak menjijikan memang, namun cicak sanggup menjadi alternatif pakan arwana dan untuk memperolehnya kita tinggal berburu di sekeliling rumah. Namun hanya arwana yang telah cukup besar yang sanggup diberi makan cicak.

Kelabang
Untuk pakan yang satu ini terlihat cukup berbahaya alasannya yakni mengandung racun. Namun sebetulnya racun kelabang hanya berbahaya apabila ia menggigit saja, seandainya racunnya tergoda tidak membahayakan. Kelabang banyak dipilih alasannya yakni “konon” sanggup menciptakan warna arwana nampak lebih cemerlang.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis pakan arwana yang sanggup diberikan, syaratnya hanya dua yaitu ukurannya sesuai dan tidak beracun sudah. Namun yang paling baik yakni “jangan memberi makan arwana dengan satu jenis pakan terlalu lama” mengapa demikian? Karena satu jenis pakan tertentu kadang tidak mengandung gizi yang lengkap bagi arwana. Dengan menunjukkan variasi dalam pakan arwana, gizi yang diperoleh akan lengkap dan arwana sanggup hidup sehat.

Pengalaman saya sendiri, saya memberi makan arwana di rumah dengan jangkrik. Namun seminggu sekali saya kadang menangkap ikan kecil atau binatang kecil lain untuk selingan pakan. Dengan cara ini arwana terbukti hidup dengan baik tanpa masalah.

Oh iya...ada beberapa sobat saya yang memberi makan arwananya dengan pelet apung berprotein tinggi. Namun arwana harus dilatih dulu untuk mau makan pelet, dan untuk melatihnya kadang tidak mudah.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement