Kamis, 02 Agustus 2018

Sudah tahu apa itu ikan arapaima? Baru-baru ini Indonesia dihebohkan oleh informasi mengenai ikan arapaima yang dilepasliarkan dan ditemukan di sungai Brantas. Sebenarnya ikan Arapaima ini ikan yang berbahaya kalau dilepaskan di perairan Indonesia sehingga ikan ini termasuk salah satu ikan yang dihentikan masuk ke Indonesia. Lalu kenapa ikan Arapaima ini dikatakan berbahaya? Berikut penjelasannya.
baru ini Indonesia dihebohkan oleh informasi mengenai ikan arapaima yang dilepasliarkan dan d Bahaya Ikan Arapaima
Sumber gambar: wikimedia common
Menurut Renny Kurnia Hadiaty seorang peneliti LIPI, ikan arapaima berbahaya dan mengancam keberadaan ikan-ikan yang ada di Indonesia. Hal ini sebab ikan arapaima bersifat predator atau pemangsa binatang lain. Yang lebih mengerikan lagi, ikan arapaima tidak hanya memangsa ikan tetapi juga binatang lain menyerupai katak, udang, bahkan burung yang terbang bersahabat permukaan air.

Selain itu ikan ini juga dapat menjadi kompetitor bagi ikan predator lokal apabila dilepaskan ke sungai. Ikan ini dapat memenangkan kompetisi dengan ikan lain dalam memperebutkan makanan sebab ukuran tubuhnya yang besar. Ikan arapaima dapat dengan cepat menghabiskan ikan-ikan kecil yang ada di suatu ekosistem. Belum lagi dengan daya adaptasinya yang baik sehingga dapat hidup dengan lingkungan yang jelek dan beroksigen rendah. Ikan ini dapat bereproduksi dan menghasilkan sampai 50 butir telur dalam sekali pembuahan.

Ikan arapaima jugamempunyai sifat yang agreif. Dengan begitu, ikan ini juga dapat berbahaya bagi insan secara pribadi sebab dapat menyerang insan atau anak kecil. Bukankah itu hal mengerikan kalau ketika memancing di sungai tiba-tiba di serang ikan besar.
Ikan arapaima bekerjsama dihentikan masuk ke Indonesia menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41/Permen-KP/2014 ihwal Larangan Pemasukan Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke dalam Wilayah Negara Republik Indonesia.

Berdasarkan uraian di atas jelaslah bahwa ikan arapaima memang berbahaya. Ikan arapaima dapat mengganggu dan merusak ekosistem perairan tawar di Indonesia apabila dilepaskan. Selain itu ikan araipama dapat menyerang insan sebab sifatnya yang agresif. Namun ikan ini sebaiknya dapat ditempatkan di taman akuarium untuk tujuan pameran. Dan keberadaannya harus didata supaya terkontrol dan tidak terlepas ke perairan bebas. Itulah klarifikasi mengenai “Bahaya Ikan Arapaima“.





Sumber: lipi.go.id

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement