Jumat, 03 Agustus 2018

Kutu jarum atau kutu jangkar merupakan benalu berukuran besar yang kadang nampak menyerang ikan hias peliharaan kita. Parasit ini disebut kutu jarum sebab bentuk tubuhnya memang ibarat dengan jarum yang melekat pada ikan. Juga disebut kutu jangkar sebab benalu ini memakai semacam kait ibarat jangkar di kepalanya untuk melekat di badan ikan.

Beberapa waktu yang lalu, saya membeli beberapa ekor ikan mas koki kecil di toko ikan. Setelah saya pelihara beberapa hari, nampak seekor koki mengatakan tingkah laris yang aneh dan tidak biasa. Ikan satu ini suka menggesekkan tubuhnya di dinding akuarium dan di bebetuan dasar akuarium. Saya paham bahwa ada yang tidak bebres dengan ikan yang satu ini dan kemudian saya pisah dengan ikan-ikan lain.


Kutu jarum atau kutu jangkar merupakan benalu berukuran besar yang kadang nampak menyeran Cara Mengobati Ikan yang Terserang Kutu Jarum
Kutu jarum yang menyerang badan ikan komet

Setelah saya perhatikan cukup lama, ternyata ada semacam benda ibarat jarum yang melekat di bersahabat sirip punggung ikan. Benda tersebut berwarna coklat agak kelabu dan panjangnya sekitar 6 mm. Setelah saya lihat lebih dekat, ternyata benda ibarat jarum yang melekat tersebut yakni seekor kutu jarum dewasa.

Kutu yang dalam bahasa inggris disebut dengan anchor worm ini sebetulnya merupakan krustacea yang melekat pada badan untuk menghisap darah dan memakan sebagian dari sel-sel ikan. Terdapat banyak sekali macam jenis kutu jarum, namun yang paling sering ditemukan yakni jenis Lernae cyprinacea. Jenis tersebut cukup umum ditemukan di kawasan dengan iklim tropis ibarat Indonesia.

Cara menyembuhkan ikan yang diserang kutu jarum

Kutu jarum remaja mempunyai ukuran badan yang cukup besar sehingga nampak dengan mata telanjang. Sebenarnya untuk mengatasi serangan kutu jarum remaja sangat mudah. Yang perlu dilakukan yakni mencabut kutu tersebut dari badan ikan. Kutu sanggup dicabut pribadi dengan jari tangan atau dengan tunjangan pinset supaya lebih mudah.

Namun dalam mencabut kutu tersebut harus hati-hati sebab apabila penggalan kepala tertinggal di dalam badan ikan, sanggup mengakibatkan jerawat sampingan. Kaprikornus usahakan anda mencabut kutu tersebut hingga seluruh penggalan kepala yang ada di dalam badan ikan. Bahasa sederhananya yakni mencabut hingga ke akar-akarnya.

Kutu jarum atau kutu jangkar merupakan benalu berukuran besar yang kadang nampak menyeran Cara Mengobati Ikan yang Terserang Kutu Jarum
Mencabut kutu jarum dengan memakai pinset

Setelah kutu tersebut dicabut dari badan ikan, berikan antibiotik pada akuarium sehingga ikan terhindar dari infeksi. Antibiotik yang diberikan sanggup tetrasiklin, amoksilin, atau yang lebih sederhana dan gampang di sanggup ibarat methylene blue yang banyak dijual di toko ikan. Bagian yang ditempeli kutu jarum umumnya akan melepuh dan berwarna keputihan, namun sehabis perlakuan dengan antibiotik selama beberapa hari, bekas luka tersebut akan sembuh dan kembali normal.

Siklus hidup kutu jarum

Kutu jarum lebih umum menyerang ikan yang dipelihara dalam bak dibandingkan ikan dalam akuarium. Namun kadang kutu ini terbawa masuk ke akuarium sebab pakan yang diberikan ataupun sebab ikan tersebut awalnya dipelihara dalam kolam.

Kutu jarum jantan dan betina akan kawin pada badan ikan, namun hanya kutu betina yang menjadi parasit. Sedangkan si jantan akan mati sehabis kawin, tugasnya terbatas hingga mengawini betina saja.

Kutu jarum atau kutu jangkar merupakan benalu berukuran besar yang kadang nampak menyeran Cara Mengobati Ikan yang Terserang Kutu Jarum
Siklus hidup kutu jarum

Setelah kawin, betina akan menghasilkan kumpulan telur di ujung tubuhnya yang bentuknya ibarat abjad Y atau T. Telur-telur ini akan menetas menjadi larva yang hidup di insang ikan. Larva yang melekat pada insang sanggup menciptakan kerusakan jaringan dan menghambat absorpsi oksigen oleh insang sehinga sanggup mengakibatkan janjkematian ikan.

Ketika beranjak dewasa, kutu ini akan mulai keluar insang dan menusuk badan ikan untuk menghisap darahnya. Pada ikan yang berukuran besar, serangan kutu jarum remaja mungkin tidak terlalu berpengaruh, namun pada ikan yang berukuran kecil sanggup mengakibatkan kematian.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement