Kamis, 02 Agustus 2018

Ikan Buntal yaitu ikan yang sangat mematikan lantaran mengandung racun yang disebut dengan tetrodotoksin. Sudah banyak kasus ajal pada insan yang disebabkan oleh mengkonsumsi ikan ini. Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui dan mengenal ikan buntal semoga jikalau kita menjumpainya, kita bisa menghindarnya.

 Ikan Buntal yaitu ikan yang sangat mematikan lantaran mengandung racun yang disebut dengan Ikan Buntal

Berikut yaitu warta mengenai ikan buntal.

Nama / SpeciesIkan Buntal
Nama LatinColomesus psittacus (Bloch & schneider, 1801)
Kingdomanimallia
Filum / DivisiChordata
FamiliTetraodontidae
GenusDiodon Holocanthus
DeskripsiIkan buntal umumnya dipercaya sebagai vertebrata paling beracun di dunia sehabis katak emas. Organ-organ dalam ibarat hati dan kadang kulit ikan buntal  sangat beracun bagi sejumlah binatang jikalau mereka memakannya. Namun daging beberapa sepisies ikan ini dijadikan makanan di Jepang, Korea (disebut bok), dan Cina yang disiapkan oleh juru masak yang mengetahui penggalan tubuh mana yang kondusif dimakan dan seberapa banyak kadarnya.
Patogenpatogen buntal
DampakRacun yang terdapat pada penggalan dalam ikan buntal ini dinamakan Tetrodotoksin (TTX). Dosis mematikan racun ikan buntal bagi insan diperkirakan 2 mg TTX. Racun ini sangat mematikan dan akan bereaksi pada korbannya hanya dalam waktu kurang dari setengah jam. Oleh lantaran itu pada umumnya di restoran tertentu makanan ini akan dihidangkan oleh sang koki setengah jam sehabis masak dan dicoba oleh Chef koki tersebut sebelum dihidangkan untuk menjamin keamanannya.
Nama UmumBanded Pipefish, Banded Puffer, Parot Pufferfish
Status di IndonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliPantai Paria (Atlantik) sampai Sungai Amazon di Brazil.
Penyebaran Daerah AsingBrazil, Prancis Guiana, Guyana, Trinidad, Venezuela, dan Suriname.
Karakteristik KhususMempunyai kemampuan untuk menggembungkan badannya sebagai pertahanan diri dan terdapat duri-duri yang beracun pada tubuhnya Ikan kecil pemakan daging

Demikianlah warta mengenai ikan buntal atau ikan fugu. Semoga warta tersebut bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Referensi:

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement