Kamis, 02 Agustus 2018

IKANMAGZ - Kita semua tahu bila ikan bernafas dengan insang termasuk ikan lele. Memang benar secara umum dikuasai ikan bernafas dengan insang. Namun, banyak juga ikan yang mempunyai kapasitas bernapas melalui kulit, apalagi ketika mereka gres lahir tubuhnya sangat kecil sehingga tidak mempunyai organ khusus menyerupai insang. Seiring pertumbuhannya, insang atau paru-paru mengalami perkembangan sebab difusi melalui kulit tidak cukup. Biar bagaimanapun, kulit kemungkinan bertanggung jawab atas 20% atau lebih pertukaran gas pada beberapa individu dewasa. Yang lainnya sanggup melakukannya melalui mulut, faring, kerongkongan, usus atau rektum.
 Kita semua tahu bila ikan bernafas dengan insang termasuk ikan lele Ikan Lele Bernafas dengan Ini
Black bullhead

Selain itu ada juga ikan yang mempunyai organ labirin di dalam tubuhnya dan ikan-ikan ini disebut sebagai ikan labirin. Organ labirin menciptakan ikan sanggup mengambil oksigen eksklusif dari udara di atas permukaan air.  Dengan adanya labirin, ikan sanggup hidup dan bertahan di perairan yang miskin oksigen terlarut, asalkan di permukaan airnya ada udara bebas. Hal ini dikarenakan pada habitat alamnya suatu ketika sanggup terjadi kondisi di mana kandungan oksigen dalam air berkurang atau sedikit. Sehingga ikan-ikan yang mempunyai labirin ini sanggup dengan gampang menyesuaikan diri dengan menyebarkan kondisi air dan lingkungan serta mempunyai daya tahan yang baik.
 Kita semua tahu bila ikan bernafas dengan insang termasuk ikan lele Ikan Lele Bernafas dengan Ini

Itulah sedikit citra mengenai pernafasan pada ikan. Lalu bagaimana dengan pernafasan pada ikan lele? Ikan lele bernafas dengan apa?
Mungkin kau sudah tahu bila ikan lele bernafas dengan insang. Namun ikan lele juga punya alat pernafasan suplemen yang disebut labirin. Kaprikornus ikan lele termasuk ikan labirin (Anabantoidei), yakni  ikan yang mempunyai organ labirin dalam tubuhnya sehingga membuatnya sanggup mengambil oksigen secara eksklusif dari udara di atas permukaan air. Selain ikan lele, ikan-ikan yang tergolong ikan labirin yaitu ikan gurameh dan ikan gabus.
Selain itu, ada juga spesies ikan lele (catfish) yang bernafas melalui kulit di samping dengan insang. Sebagian besar spesies ikan lele mempunyai kulit yang halus (tanpa sisik) dan ditutupi lendir. Beberapa spesies ikan lele bisa bernafas melalui kulitnya.

Menurut Michael N. Bruton (1996) sebagaimana dikutip  wikipedia menyampaikan bahwa Ikan Lele (catfish) tidak mempunyai sisik; Tubuh ikan lele sering telanjang. Pada beberapa spesies ikan lele, kulit yang tertutup lendir dipakai untuk respirasi kulit, yaitu ikan lele bernafas melalui kulitnya.
Dari pemaparan tersebut di atas, sanggup kita ambil kesimpulan bahwa selain dengan insang, ikan lele juga bernafas dengan kulit pada beberapa spesies. Artinya tidak semua ikan lele yang melaksanakan pernafasan dengan kulit, hanya beberapa jenis ikan lele saja yang melakukannya. Ikan yang juga bernafas dengan kulit selain ikan lele salah satunya yaitu ikan glodok.


Sumber:

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement