Jumat, 03 Agustus 2018

Jenis-jenis atau macam-macam ikan di dunia ini amat sangat berbagai sehingga kita mungkin tidak dapat mengenalnya satu persatu. Namun untuk ikan lumba lumba? Anda niscaya mengenalnya bukan. Ikan lumba lumba memang binatang yang terkenal, meskipun mungkin Anda belum pernah melihat ikan lumba lumba secara eksklusif setidaknya mungkin Anda pernah melihatnya di televisi atau di buku. Mungkin dibalik ketenaran ikan lumba-lumba itu disebabkan lantaran lumba-lumba sering dijadikan tontonan di sirkus-sirkus. Tapi ternyata ada dongeng pilu dibalik sirkus lumba-lumba, sebaiknya kau membaca artikel ini: Kontroversi Sirkus Lumba-lumba.

macam ikan di dunia ini amat sangat berbagai sehingga kita mungkin tidak dapat mengena Ikan Lumba lumba: Mamalia Laut yang Menakjubkan
via pixabay

Ikan lumba-lumba bukanlah ikan

Tunggu dulu, dari tadi aku ngomongin ikan lumba-lumba lagi, ikan lumba-lumba lagi. Pertanyannya, benarkah lumba-lumba itu ikan? Ada yang menyampaikan jikalau lumba-lumba bukanlah ikan, itu betul lumba-lumba memang bukan ikan tetapi mamalia. Di sini perlu dibedakan antara ikan dan mamalia. Ikan berkembangbiak dengan bertelur sedangkan mamalia melahirkan dengan melahirkan. Ya lumba-lumba berkembangbiak dengan melahirkan dan memiliki kelenjar susu. Selain itu lumba-lumba tidak bernapas dengan memakai insang melainkan dengan memakai paru-paru. Agar tetap hidup, lumba lumba butuh naik ke permukaan air untuk bernapas. Lumba-lumba bernapas melalui lubang udara yang ada di atas kepalanya.

Ya dalam taksonomi binatang lumba-lumba memang bukan pisces melainkan mamalia. Tapi dalam bahasa Indonesia mungkin lumba-lumba disebut ikan lantaran bentuk tubuhnya yang seolah-olah ikan dan hidup di air.
macam ikan di dunia ini amat sangat berbagai sehingga kita mungkin tidak dapat mengena Ikan Lumba lumba: Mamalia Laut yang Menakjubkan
via pixabay

Ya pokoknya gitu, yang terpenting kita kini sudah dapat tahu jikalau lumba-lumba bukanlah pisces melainkan mamalia.

Taksonomi lumba lumba

Berikut yaitu taksonomi lumba-lumba menurut isu dari wikipedia.

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Cetacea
Subordo: Odontoceti
Famili: Delphinidae, Platanistoidea (lumba lumba sungai)
Genus lumba lumba di antaranya yaitu:
  • Delphinus, Tursiops, Lissodelphis, Sotalia, Sousa, dll (Delphinidae)
  • Inia, Lipotes, Platanista, Pontoporia (Platanistoidea)
Spesies lumba lumba di antaranya yaitu: Delphinus capensis (lumba-lumba moncong panjang), Delphinus delphis (lumba-lumba moncong pendek).

Banyak Teknologi Yang Terinspirasi dari Lumba-lumba

Ya lumba-lumba memang binatang yang unik dan tak jarang menginspirasi manusia. salah satu teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba yaitu baju renang yang seolah-olah dengan kulit lumba-lumba. Selain itu ada juga radar kapal selam yang terinspirasi dari sonar lumba-lumba.
Lumba-lumba

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement