Jumat, 03 Agustus 2018

Kolam beton merupakan media budidaya ikan yang sangat disukai alasannya yaitu tahan usang dan perawatannya cukup mudah. Kolam ini dibentuk dengan memakai adonan semen sebagai materi pengeras dinding kolam. Kolam beton sanggup bertahan sampai puluhan tahun apabila dirawat dengan benar.

Salah satu hambatan pertama dan utama dalam penggunaan bak beton yaitu bahan-bahan kimia pada semen yang sanggup menciptakan ikan mati. Hal ini terutama terjadi pada bak beton gres yang pribadi dipakai untuk memelihara ikan. Kolam beton gres masih menyisakan bahan-bahan kimia berbahaya pada dinding bak sehingga sanggup larut pada air dan menciptakan ikan mati. Bahan-bahan kimia tersebut awalnya terdapat pada semen yang dipakai untuk membangun bak tersebut.

Kolam beton merupakan media budidaya ikan yang sangat disukai alasannya yaitu tahan usang dan perawa Mempercepat Penggunaan Kolam Beton Baru
Kolam beton untuk budidaya ikan

Peternak biasanya akan menunggu cukup usang selama beberapa ahad sampai bahan-bahan kimia ini hilang sepenuhnya gres bak tersebut diisi ikan yang akan dibudidayakan. Hampir semua jenis ikan akan mati dikala dipelihara dalam bak beton yang gres rampung dikerjakan. Bahkan ikan sekuat dan sebandel lele pun akan mati alasannya yaitu tidak tahan dengan kandungan kimia pada beton baru.

Berikut ini aku ingin mengembangkan sedikit tips untuk mempercepat penggunaan bak beton gres semoga sanggup segera dipakai untuk memelihara ikan.

Bersihkan dengan batang pisang

Batang pisang mempunyai getah yang akan mengikat senyawa-senyawa berbahaya pada bak beton baru. Anda dapa memotong batang pisang lalu menggosok seluruh permukaan samping dan dasar bak dengan batang pisang tersebut. Setelah itu, bak diisi dengan air sampai penuh dan dikuras keesokan harinya. Setelah dikuras, gosok lagi permukaan bak dengan batang pisang ibarat hari pertama dan kembali diisi air dan dibiarkan selama satu hari. Keesokan harinya air cukup dikuras dan bak bisa pribadi dipakai untuk memelihara ikan.

Bersihkan dengan lumut

Lumut merupakan flora yang gampang hidup pada segala jenis medium termasuk dinding bak ikan. Lumut bisa menyerap senyawa berbahaya dari dinding beton gres dan membersihkannya. Dalam keadaan normal, lumut akan tumbuh cukup usang pada bak namun dengan sedikit bantuan, lumut akan tumbuh lebih cepat. Pertama isilah bak dengan air sampai penuh dan tambahkan pupuk sangkar secukupnya atau pupuk kimia (bisa NPK, urea, atau ZA). Penambahan pupuk ini akan menawarkan nutrisi aksesori pada air sehingga lumut akan lebih cepat tumbuh. Setelah air dan dinding bak nampak menghijau, kuras air seluruhnya dan bak telah siap dipakai untuk memelihara ikan.

Bersihkan dengan air mengalir

Bila anda tinggal di daerah dengan arus air yang sangat deras dan melimpah, bak beton sanggup dibersihkan hanya dengan membiarkan susukan air masuk dan keluar terus terbuka. Aliran air ini akan membawa materi beracun pada dinding beton bertahap sampai kesannya higienis seluruhnya. Air sanggup dibiarkan mengalir terus selama satu minggu, sampai bak tersebut kesannya siap dipakai untuk memelihara ikan.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi anda....

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement