Jumat, 03 Agustus 2018

Ikan nila berkembang biak dengan cara ovipar, yaitu berkembang biak dengan cara bertelur.
 
Ikan nila berkembang biak dengan cara ovipar Ikan Nila Berkembang Biak Dengan Cara Ini
via wikipedia.org
Telur ikan nila bentuknya bundar dan warnanya kekuningan. Induk nila betina memiliki kebiasaan unik sehabis memijah, perialku ini disebut dengan mouth breeder, yakni ikan nila mengerami telur-telurnya dengan cara mengulumnya di dalam verbal (sumber: wikipedia). Memijah maksudnya melepaskan telur dan sperma untuk pembuahan (sumber: kbbi)

Begini proses perkembangbiakan ikan nila:

Proses perkembangbiakan ikan nila memang unik, ikan nila menyimpan telur-telurnya di dalam verbal untuk melindunginya dari bahaya binatang lain. Lalu bagaimana cara ikan nila betina ini makan ketika sedang menyimpan telur-telurnya di dalam mulutnya? Selama menyimpan telur-telurnya, ikan nila mogok makan untuk sementara waktu.

Sementara itu, nila jantan memiliki sikap menguasai suatu wilayah. Ikan nila jantan lain yang masuk ke wilayah kekuasaannya akan di usir sedangkan kalau yang memasukinya wilayahnya yaitu betina maka akan dibiarkan masuk. Selain itu nila jantan juga menciptakan cekungan di tempat kekuasaannya untuk menarik perhatian sang betina. Apabila sang betina tertarik, ia akan melepaskan telur-telurnya ke dalam cekungan tersebut. Kemudian nila jantan melepaskan sperma untuk membuahi telur-telur yang ada di cekungan buatannya. Selanjutnya, Ikan nila betina menyimpan kembali telur-telurnya di dalam verbal hingga telur-telur tersebut menetas. Larva-larva nila ini dapat hidup di dalam verbal induknya tanpa mencari makan keluar sebab larva nila masih memiliki cadangan masakan dari kuning telur yang melekat di tubuhnya. Apabila cadangan masakan ini habis, bayi-bayi nila ini akan berenang keluar dari verbal induknya untuk mencari makanan. Dan akan kembali ke verbal induknya apabila merasa tidak aman. Baru sehabis  sekitardua ahad belum dewasa nila ini dapat hidup berdikari dan meninggalkan verbal indyknya. (sumber: re-tawon.com).

Ya demikianlah cara perkembangbiakan ikan nila yang unik. Ikan nila berkembang biak dengan cara bertelur. Dan telurnya disimpan di dalam mulut, lalu dikeluarkan untuk di buahi sang jantan dan di simpan lagi di dalam verbal hingga menetas. Terimakasih sudah membaca.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement