Kamis, 02 Agustus 2018

Para aquascaper tentu sangat bersahabat dengan siput alasannya ialah dipakai sebagai pengendali lumut di akuariumnya. Siput ini cukup efektif memakan lumut-lumut atau alga hijau yang tumbh di tumbuhan air dan batuan dalam akuarium. Siput yang umum dipakai ialah jenis siput kali yang ukurannya kecil hanya 1 sampai 2 cm panjangnya. Sayang disayang ada satu kekurangan ketika memakai siput sebagai pengendali lumut.

Kekurangannya Cuma 1 : siput ini simpel sekali berkembang biak dan jumlahnya berlipat ganda hanya dalam waktu singkat.

Para aquascaper tentu sangat bersahabat dengan siput alasannya ialah dipakai sebagai pengendali lumut  Mengatasi Overpopulasi Siput di Akuarium Aquascape
Overpopulasi siput dalam akuarium

Siput merupakan binatang yang unik alasannya ialah mereka mempunyai 2 alat kelamin dalam tubuhnya yang biasa disebut dengan istilah hermaprodit atau kelamin ganda. Kaprikornus walau di akuarium hanya dipelihara seekor siput saja, nanti ia sanggup bertelur dan menghasilkan aneka macam anakan.
Siput yang sudah terlalu banyak akan sangat mengganggu keindahan aquascape. Selain itu siput-siput ini kadang akan memakan tanaman-tanaman yang berdaun lunak dan tipis.

Ada 2 cara untuk mengatasi overpopulasi siput dalam akuarium, yang pertama dengan mengambilnya secara rutin untuk mengontrol jumlahnya dan yang kedua dengan memelihara ikan pemakan siput.

Cara #1

Cara yang paling simpel ialah dengan mengambil memakai tangan atau jaring kecil (seser) apabila jumlah siput sudah terlalu banyak. Dapat juga dengan memakai pancingan berupa sayuran yang ditaruh dalam akuarium. Yang paling simpel ialah dengan meletakkan kepingan timun segar ke dalam akuarium. Potongan timun yang tipis akan megambang di permukaan air dan menarik perhatian siput, sehabis beberapa dikala siput-siput akan mengejar timun tersebut dan memakannya. Siput-siput akan berkumpul memakan timun ramai-ramai di permukaan air. Setelah itu tinggal angkat kepingan timun beserta siput-siputnya dan dibuang.

Para aquascaper tentu sangat bersahabat dengan siput alasannya ialah dipakai sebagai pengendali lumut  Mengatasi Overpopulasi Siput di Akuarium Aquascape
Ikan buntal pemakan siput

Cara #2

Cara kedua ialah dengan memanfaatkan ikan pemangsa siput. Beberapa ikan terbukti akan memangsa siput yang berukuran kecil. Di dunia akuarium dikenal adanya ikan buntal kerdil atau dwarf pufferfish. Ikan ini kadang dijual di toko akuarium dengan harga murah. Karena ukurannya yang kecil ikan ini cocok dipelihara dalam akuarium berisi tanaman. Buntal diberkahi dengan gigi yang tajam menyerupai paruh burung kakatua yang sanggup memecahkan cangkang siput. Memelihara ikan ini terbukti sanggup menjaga akuarium dariover populasi siput. Namun sayangnya ikan ini juga akan memakan udang peliharaan kita. Kaprikornus sangat tidak disarankan memakai ikan buntal dalam akuarium aquascape yang di dalamnya ada udangnya.

Sekian.....

Baca juga Ikan Pemakan Alga Paling Baik untuk Aquascape

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement