Kamis, 02 Agustus 2018

Para aquascaper yang telah usang menekuni hobi aquascape hampir niscaya pernah menemui problem hydra di aquarium. Tiba-tiba muncul binatang hydra di akuarium yang semakin usang semakin banyak dan mengganggu keindahan aquarium. Benih hydra sanggup saja terbawa oleh tumbuhan air maupun binatang semacam siput yang diambil dari sungai atau kolam.

Hydra merupakan binatang kecil berukuran hanya beberapa milimeter dan kadang sulit dilihat dengan mata telanjang. Bentuknya menyerupai mirip tangkai yang di puncaknya terdapat tentakel yang menjulur menyerupai rambut. Hydra masuk dalam kelompok binatang cnidaria alasannya yakni mempunyai sengat yang terdapat pada tentakelnya.

Para aquascaper yang telah usang menekuni hobi aquascape hampir niscaya pernah menemui masala Mengatasi Masalah Hydra di Akuarium Aquascape
Hydra di beling akuarium

Hydra yang umum ditemukan dalam akuarium aquascape merupakan jenis Hydra viridissima, dicirikan oleh warnanya yang hijau. Hydra jenis ini bersimbiosis dengan alga hijau yang hidup di jaringan tubuhnya sehingga sanggup hidup asal ada sinar matahari dan mineral anorganik. Dalam waktu singkat seekor hydra sanggup bertunas dan memperbanyak diri dengan cepat sampai menciptakan akuarium dipenuhi olehnya.

Bagaimana cara mengatasi populasi hydra di akuarium?

Karena mengambil secara manual sangat sulit dilakukan, yang paling gampang dilakukan yakni dengan memelihara binatang pemakan hydra. Dengan memelihara predator hydra, maka populasinya di akuarium sanggup berkurang, paling tidak sanggup terkendali walaupun tidak menghabiskannya.

Para aquascaper yang telah usang menekuni hobi aquascape hampir niscaya pernah menemui masala Mengatasi Masalah Hydra di Akuarium Aquascape
Salah satu jenis sepat pemakan hydra

Hewan-hewan apa saja yang dikenal memakan hydra?

Aquascaper mengenal dua penghuni akuarium yang dikenal gemar memakan hydra, yaitu gurami kerdil/ sepat dan siput. Kedua binatang ini akan memakan hydra sedikit demi sedikit.

Saya langsung lebih menyukai si gurami kerdil/ sepat alasannya yakni berdasarkan saya lebih efektif dalam mengendalikan hydra. Pernah saya coba memakai siput malah yang terjadi si siput bertelur sangat banyak sampai terjadi overpopuasi siput yang justru menjadi problem baru. Selain itu siput kadang suka memakan tumbuhan akuarium, terutama tumbuhan yang berdaun tipis semacam javan moss.

Makara jikalau boleh saya simpulkan, apabila anda suka aquascape dan menemui problem dengan hydra ini...belilah ikan gurami kerdil/ sepat di toko akuarium. Ikan ini tidak akan berukuran besar jadi sangat cocok dipelihara dalam akuarium berisi tanaman. Ikan ini harganya juga murah hanya beberapa ribu rupiah saja.

Baca juga Mengatasi Overpopulasi Siput di Aquarium Aquascape

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement