Kamis, 02 Agustus 2018

Siput kali (sungai) mempunyai ukuran yang kecil hanya beberapa cm saja, dan berdasarkan saya merupakan binatang yang "wajib" ada di setiap akuarium akuascape. Mengapa demikian?

Makara ceritanya saya punya pengalaman hampir satu tahun menekuni hobi aquascape, di akuarium kecil saya terdapat beberapa tumbuhan air yang saya tanam pada media pasir malang. Namun di bulan-bulan awal aquascape itu, muncul lumut di akuarium yang semakin usang semakin banyak sampai menutupi seluruh permukaan batuan dan tumbuhan air.

 mempunyai ukuran yang kecil hanya beberapa cm saja Siput Kali Sahabat Pecinta Aquascape
Siput kali

Walhasil akuarium saya jadi nampak jelek sebab lumut-lumut itu. Saya berpikir keras bagaimana cara mengatasi over growth lumut itu. Saya coba membeli ikan pemakan lumut corydoras 2 ekor. Setelah saya pelihara di akuarium beberapa hari, si corydoras tidak mengatakan kerja yang memuaskan...lumut-lumut itu masih tumbuh dengan lebatnya.

Kemudian secara tak sengaja saya menemukan siput kali kecil di salah satu bak di rumah. Kemudian saya taruh itu siput di akuarium dengan impian akan memakan lumut. Setelah sehari-dua hari saya kaget...ternyata siput kali itu sangat rakus memakan lumut-lumut di akuarium.

Tak hanya lumut hijau, bahkan lumut coklat (alga coklat) dan lumut hitam (alga hitam) pun ikut dilahapnya dengan rakus. Seakan-akan siput itu yakni predator yang membumi hanguskan lumut-lumut liar dengan sangat buasnya.

Ternyata percobaan coba-coba saya berhasil juga. Si siput menjadi distributor pembersih yang sangat efisien membersihkan lumut. Karena ukurannya yang kecil beliau tidak nampak menganggu keindahan akuarium. Makara boleh-lah bagi para hobiis aquascape untuk mengakibatkan siput kali sebagai pekerja bersih-bersih akuariumnya.

Untuk mencarinya juga tidak susah kok..cari saja di bak ikan atau di sungai di sekitar daerah tinggal anda, gampang ditemukan biasanya.

Selain mengandalkan siput kali saya juga mempercayakan pencucian lumut pada ikan platy, ikuti ceritanya berikut ini.

Ikan Pemakan Alga Paling Baik berdasarkan saya.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement