Kamis, 02 Agustus 2018

Hiu paus atau geger lintang (whale shark) disebut-sebut sebagai spesies ikan yang memiliki ukuran paling besar di dunia. Ikan ini memang memiliki badan yang besar. Menurut halaman WWF Indonesia di facebook, ikan ini pertumbuhannya dapat mencapai 18 hingga 20 meter dan beratnya dapat mencapai hingga 20 ton. Jadi, memang pantas hiu paus disebut sebagai spesies ikan terbesar di dunia.

sebut sebagai spesies ikan yang memiliki ukuran paling besar di dunia Hiu Paus Adalah Spesies Ikan Terbesar di Dunia
Sumber gambar: wikimedia common
Meskipun ukurannya besar, hiu paus yakni ikan yang jinak dan tidak berbahaya bagi manusia. Ikan ini hanya memakan plankton, telur ikan, dan ikan-ikan kecil yang hidup berkelompok menyerupai ikan teri. Ikan ini memperoleh masakan dengan cara menyaring air bahari memakai mulutnya. Mulut hiu paus berukuran besar yang di dalamnya berisi 10 lembaran penyaring dan sekitar 300 hingga 350 gigi-gigi kecil.

Hiu paus usianya dapat mencapai 60 tahun, bahkan dapat 100 tahun. Ikan ini mengalami kematangan reproduksi pada dikala berusia 25 tahun. Dan dapat menghasilkan 1 ekor anakan untuk setiap periode reproduksi.

Populasi hiu paus terancam oleh acara penangkapan. Penangkapan ikan ini dapat dengan cara sengaja atau tidak sengaja. Di Indonesia, hampir setiap tahun ada hiu paus yang terdampar atau terjerat jarring nelayan. Ikan ini merupakan binatang yang dilindungi oleh beberapa negara.

Ada hari yang dinamakan international whale shark day yaitu pada tanggal 30 Agustus.

Berikut yakni klasifikasi/taksonomi hiu paus.
Kingdom:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Chondrichthyes
Subkelas:Elasmobranchii
Ordo:Orectolobiformes
Famili:Rhincodontidae
(Müller dan Henle, 1839)
Genus:Rhincodon
Smith, 1829
Spesies:R. typus



Referensi:
Kontributor Wikipedia, "Hiu paus," Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Hiu_paus&oldid=13693143 (diakses pada Februari 11, 2018).
Halaman Facebook WWF Indonesia (25/08/2015)

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement