Kamis, 02 Agustus 2018

Pernahkah kalian melihat ikan cupang? Ikan cupang ini memiliki bentuk yang indah dan berukuran kecil. Di Indonesia ikan cupang banyak digemari. Ikan cupang memiliki daya tahan badan yang baik sehingga sanggup hidup di lingkungan air yang kotor dan minim. Untuk lebih jelasnya berikut yaitu info mengenai ikan cupang.


 Ikan cupang ini memiliki bentuk yang indah dan berukuran kecil Ikan Cupang
Nama / SpeciesIkan Cupang
Nama LatinBetta sp.
Kingdomanimallia
Phylum / DivisiChordata
FamilyOsphronemidae
GenusOsphronemus
DescriptionIkan Cupang (Betta sp.) yaitu ikan air tawar yang habitat asalnya yaitu beberapa negara di Asia Tenggara, ayaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini punya bentuk dan huruf yang unik dan cenderung bergairah dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang secara umum dibagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat ikan cupang asli,salah satunya yaitu Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.
Patogen-
DampakTidak ada
Nama UmumIkan Cupang
Status di IndonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliKalimantan dan beberapa negara di Asia Tenggara
Penyebaran Daerah Asingwilayah Asia Tenggara, Pasific sampai ke Afrika.
Karakteristik KhususCupang yang berkualitas baik memiliki sirip dan ekor yang berwarna terang. Siripnya terbuka serasi dan sempurna, tidak ada bayangan lain di ujung-ujung ekor dan siripnya. Tidak ada jarak antara sirip bawah dan ekor (caudal) ataupun antara sirip-sirip (dorsal) punggung. Sirip-sirip merapat tepat saat ikan membuka dan memekarkan sirip-sirip mereka.

Demikianlah info mengenai ikan cupang. Semoga info di atas sanggup bermanfaat bagi Anda.

Referensi:

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement