Kamis, 02 Agustus 2018

Ikan platy kadang dipelihara aquascaper untuk mengatasi dilema lumut yang tumbuh di dalam akuarium. Lumut-lumut akan tumbuh subur di akuarium apabila terlalu banyak sampah organik dan penyinaran lampu yang terlalu lama. Platy yang lapar akan memakan lumut-lumut dengan lahap sehingga akuarium nampak higienis kembali. Namun selain itu, ternyata si platy mempunyai kemampuan pemanis alasannya ialah akan memakan hidra yang tumbuh di akuarium.

Hidra merupakan binatang berukuran mini, hanya beberapa milimeter saja. Hewan ini akan melekat pada pasir, batu, tanaman air, maupun beling akuarium dengan memakai dasar tubuhnya yang dilengkapi zat lengket. Bagian atas hidra berbentuk menyerupai rambut yang menjalar di air, disebut dengan tentakel. Pada tentakel ini terdapat alat penyengat yang sanggup membunuh binatang kecil menyerupai larva ikan.

Ikan platy kadang dipelihara aquascaper untuk mengatasi dilema lumut yang tumbuh di dalam Ternyata Platy Memakan Hidra Lho
Ikan platy lyretail

Mengatasi dilema hidra cukup sulit alasannya ialah pengambilan secara manual tidak memungkinkan. Beberapa aquascaper kadang memakai suhu air yag tinggi sekirat 40 derajat C untuk mematikan hidra dengan terlebih dulu memindahkan ikan keluar akuarium. Namun cara ini kadang cukup merepotkan dan membahayakan tanaman air terutama yang tidak tahan panas.

Cara yang paling sederhana dan simpel ialah dengan memelihara binatang pemangsa hidra, salah satunya ialah si ikan platy. Platy merupakan ikan keluarga teri-terian yang mempunyai contoh warna sangat bermacam-macam dan biasanya dijual murah. Platy yang tidak terlalu banyak diberi makan pelet akan mencari makanan lain yang ada di dalam akuarium. Sasarannya ialah lumut-lumut liar dan hidra yang tumbuh di dalam akuarium.

Yah walaupun si platy tidak akan memakan habis semua hidra, namun paling tidak sanggup mengendalikan jumlah hidra sehingga tidak berlebihan. Karena si hidra ini sangat simpel berkembangbiak dengan membentuk tunas tubuh.

Namun menurut pengalaman saya, mungkin berbeda dengan pengalaman orang lain. Platy yang cukup ganas memakan hidra ialah dari jenis golden black lyretail, alasannya ialah pernah saya memelihara dari jenis tricolor mickey mouse namun tidak terlalu rakus. Mungkin beda orang bisa beda keadaan tergantung dari kondisi dan suhu kawasan juga. Yang penting pada dasarnya ialah ikan platy bisa mengatasi dilema hidra di akuarium aquascape anda.

Baca juga Jenis-Jenis Ikan Platy Populer

Sekian

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement