Jumat, 03 Agustus 2018

Ikan koki merupakan ikan hias terkenal yang banyak dipelihara hobiis ikan hias. Ikan ini sebetulnya masih keluarga bersahabat ikan mas, dan dulunya berasal dari ikan mas yang dibudidayakan turun-temurun. Karena berasal dari ikan mas maka kadang ikan koki masih sering disebut dengan nama ikan mas koki. Ikan koki mempunyai bentuk pendek, agak membulat, dan ekor yang bercabang sehingga menciptakan penampilannya lucu dan menarik.

Salah satu permasalahan yang kadang muncul saat memelihara ikan koki yakni ikan peliharaan kita berenang/mengambang terbalik di permukaan air. Bagi orang awam mungkin akan menganggap hal ini lucu, namun sebetulnya keadaan ini sanggup membahayakan dan menyebabkan maut ikan. Sebenarnya bukan hanya ikan koki saja yang sanggup terkena penyakit ini, ikan hias lain macam komet, koi, dan ikan budidaya menyerupai lele dan nila sanggup mengalami duduk masalah ini walaupun dengan tanda-tanda yang berbeda.

Ikan koki merupakan ikan hias terkenal yang banyak dipelihara hobiis ikan hias Mengatasi Masalah Ikan Koki Berenang Terbalik
Ikan koki berenang terbalik

Kelainan ini sering juga disebut dengan tanda-tanda ikan yang kembung. Ikan kembung disebabkan oleh banyaknya gas yang terdapat pada pencernaan ikan, menyerupai keadaan kembung pada manusia. Banyaknya gas ini tanggapan dari pinjaman pakan yang berlebihan, apalagi dari jenis-jenis pakan buatan pabrik menyerupai pelet terapung. Dengan banyaknya masakan dalam jalan masuk pencernaan, kuman yang hidup dalam jalan masuk tersebut akan tumbuh subur dan melepaskan gas-gas yang melimpah. Bila dibiarkan terlalu usang tanpa perlakuaan, ikan koki yang kembung sanggup mengalami kematian.

Bagaimana mengatasi permasalahan tersebut?

Cara yang paling sederhana untuk mengatasi duduk masalah perut kembung yakni dengan mempuasakan ikan koki selama 1-3 hari sampai ikan sembuh. Puasa ini akan membatasi suplai masakan dalam pencernaan sehingga produksi gas oleh kuman sanggup ditekan. Puasa juga akan menciptakan kondisi fisiologis koki menjadi lebih baik lantaran kadar racun dalam jaringan tubuhnya sanggup berkurang. Bila telah berenang dengan normal, ikan koki sanggup diberi makan lagi menyerupai biasanya.

Cara kedua yang sanggup dilaukan yakni dengan memberi makan ikan koki tersebut dengan kacang polong. Apabila kacang polong sulit diperoleh sanggup diganti dengan biji kacang kapri. Kacang-kacangan yang berkulit mempunyai kandungan serat yang tinggi dan baik untuk pencernaan ikan. Sebaiknya dipilih kacang polong yang berukuran kecil sehingga sanggup dengan gampang dimakan oleh ikan. Ikan koki merupakan binatang omnivora, mereka memakan semua jenis masakan yang diberikan, jadi kacang polong yang ditebar akan segera dilahap oleh ikan ini.

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Pepatah tersebut sangat baik diterapkan dalam segala keadaan. Lebih baik mencegah ikan koki kita menderita kembung daripada mengobati apabila telah terjangkit nantinya. Bagaimana cara mencegahnya? Sederhana saja yaitu dengan mengatur contoh makan ikan tersebut, kuncinya yakni jangan memberi makan terlalu banyak, secukupnya saja. Jangan memberi makan hiperbola sampai pakan tidak tergoda dan malahan menjadi kotoran yang sanggup memicu tumbuhnya bakteri-bakteri merugikan.

Kemudian yang tidak kalah penting yakni menjaga kualitas air akuarium atau kolam tetap kondusif. Lingkungan yang baik akan menciptakan ikan tetap sehat, namun lingkungan yang kotor menciptakan daya tahan badan ikan menurun sehingga gampang terjangkit penyakit.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement