Jumat, 03 Agustus 2018

Mata putih atau cloudy eye merupakan penyakit yang cukup umum menyerang ikan-ikan yang dipelihara dalam akuarium. Dari pengalaman saya selama lebih dari 10 tahun di dunia akuaria, hampir semua jenis ikan rentan terhadap serangan penyakit mata putih ini. Saya punya beberapa akuarium di rumah dan telah memelihara banyak jenis ikan semenjak masih di dingklik Sekolah Menengah Pertama dulu.

Penyakit mata putih akan menciptakan belahan kornea mata ikan yang tadinya berwarna bening bermetamorfosis putih sedikit demi sedikit. Gejala ini akan menciptakan pandangan ikan terganggu dan kalau tidak ditangani sapat menimbulkan kebutaan pada ikan peliharaan. Kadang penyakit ini menyerang kedua mata ikan, namun kadang hanya menyerang sebelah matanya saja.

 merupakan penyakit yang cukup umum menyerang ikan Mengobati Penyakit Mata Putih Pada Ikan
Penyakit mata putih sanggup menciptakan ikan menjadi buta

Penyebab penyakit mata putih

Penyakit ini mungkin sekilas nampak menyerupai katarak yang muncul pada mata manusia. Namun bahu-membahu mata putih pada ikan disebabkan oleh jerawat mikroorganisme pada kornea mata. Mikroorganisme tersebut akan menciptakan kornea yang tadinya bening menjadi berwarna putih lantaran timbunan dari jutaan mikroorganisme yang telah berkembang biak.

Mikroorganisme penginfeksi ini sanggup muncul lantaran kualitas air yang buruk. Biasanya penyakit mata putih menjadi mengambarkan rendahnya kualitas air yang ditandai keasaman yang tinggi akhir timbunan kotoran ikan. Frekuensi penggantian air yang terlalu usang merupakan penyebab utama munculnya penyakit ini. Selain itu, media filter yang telah "terlalu" kotor juga menjadi salah satu penyebabnya.

Cara mengobati penyakit mata putih

Seperti penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme lainnya, mata putih sanggup disembuhkan dengan memperlihatkan antibiotik pada akuarium. Antibiotik menyerupai tetrasiklin sanggup didapatkan dengan gampang di apotik dan toko obat lain. Namun yang lebih umum dan gampang dipakai ialah methylene blue yang tersedia hampir di semua toko akuarium. Obat ini terkenal dengan sebutan "obat biru" dan dijual dengan harga murah. Hampir semua penghobi ikan hias niscaya pernah memakai obat ini lantaran merupakan obat standar yang sanggup mengobati aneka macam macam penakit pada ikan menyerupai white spot, jamur, dan jerawat lain.

Sebelum memperlihatkan obat ini pada akuarium, akan lebih baik apabila air akuarium diganti setengah belahan terlebih dahulu. Setelah kualitas air menjadi lebih baik, berikan obat biru tersebut dengan takaran secukupnya. Biasanya di belahan labelnya terdapat hukum penggunaan obat tersebut, jadi anda tidak akan galau menggunakannya.

Yang penting diperhatikan ialah jangan memperlihatkan obat ini dengan takaran yang melabihi aturan. Obat ini dalam konsentrasi yang tinggi sanggup menciptakan ikan peliharaan kita mati lantaran keracunan. Apalagi kalau ikan tersebut selama hidupnya tidak pernah mencicipi obat biru sebelumnya, maka resiko keracunan menjadi lebih tinggi lagi.

Makara kesimpulannya adalah, kualitas air akuarium sangat memilih kesehatan ikan peliharaan kita. Makara apabila anda memelihara ikan dalam akuarium sebaiknya rajin-rajinlah mengontrol kebersihan air biar ikan sanggup hidup dengan sehat. Kebersihan air sanggup dijaga dengan mengganti air dan mengganti media filter yang telah kotor.

Sekian..

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement