Jumat, 03 Agustus 2018

Beternak ikan air tawar, entah itu lele, nila, ikan mas, bawal, ataupun gurami tidak akan pernah lepas dari serangan basil penyebab penyakit. Penyakit menyerupai kumis keriting pada lele, dan karat pada ikan nila, mas, bawal, dan gurami yaitu penyakit yang disebabkan basil dan umum dijumpai di sekitar kita.

Larva ikan lebih rentan terjangkit basil dibandingkan dengan ikan yang telah dewasa. Selain itu kondisi air juga sangat besar lengan berkuasa terhadap kesehatan ikan. Kualitas air yang jelek menyerupai kadar oksigen yang rendah, kadar nitrat (kotoran) yang tinggi, dan suhu yang berubah-ubah akan memudahkan basil menyerang ikan budidaya kita.

Peternak biasanya akan mengobatinya dengan memasukkan larutan PK atau tetrasiklin ke dalam kolam untuk mengobatinya. PK dan tetrasiklin merupakan obat antibakteri yang sanggup membunuh basil pada kadar tertentu. Obat-obatan ini sanggup dibeli di toko-toko obat ataupun daerah yang menjual perlengkapan peternakan.

Namun bantu-membantu ada obat antibakteri yang ada di sekitar kita dan bersifat alami, yaitu bawang putih (Allium cepa). Bawang putih sanggup menjadi obat alternatif apabila anda sulit memperoleh PK ataupun tetrasiklin di sekitar daerah tinggal anda. Bawang putih gampang sekali diperoleh lantaran merupakan rempah yang dipakai setiap hari oleh masyarakat Indonesia.

 ataupun gurami tidak akan pernah lepas dari serangan basil penyebab penyakit Obati Ikan Sakit dengan Bawang Putih
Struktur molekul allisin, senyawa antibakteri pada bawang putih

Kandungan dalam bawang putih yang sanggup menghambat pertumbuhan basil yaitu allisin. Bawang putih mempunyai aroma yang menyengat salah satunya disebabkan lantaran kandungan allisin di dalamnya. Selain berkhasiat sebagai obat antibakteri, allisin juga bermanfaat sebagai antioksidan yang sanggup menetralkan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang sanggup mengakibatkan badan ikan lemah sehingga lebih gampang terjangkit penyakit.

Peternak sanggup menghancurkan/memblender bawang putih sebelum dimasukkan ke dalam kolam. Batas minimal proteksi bawang putih yaitu 16 mg/L air, dan semakin banyak bawang yang diberikan justru semakin baik dan semakin ampuh membunuh bakteri. Pemberian bawang dalam jumlah banyak tidak akan meracuni ikan lantaran bawang tidak mengandung senyawa-senyawa yang sanggup membahayakan kesehatan ikan.

Kaprikornus bagi anda yang kesulitan memperoleh PK ataupun tetrasiklin untuk mengobati sakit ikan, sanggup memakai bawang putih sebagai obat alternatif yang gampang diperoleh.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement